Selamat Datang Di Blog Saya

Rabu, 29 Juni 2011

17 Cara Menghasilkan Uang dari Blog


Banyak metode yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang dari blog, biasanya blogger hanya menggunakan 1 cara saja untuk menghasilkan uang dari blognya, padahal kalau menurut saya dengan mengikuti satu metode saja rasanya belum lengkap atau penghasilan kita tidak optimal. Pembahasan kali ini adalah pengembangan dari artikel sebelumnya tentang Menghasilkan Uang dari Aktivitas Blogging. Mari kita bahas metode-metode menghasilkan uang dari blog yang ada dibawah ini:
1. Jaringan Periklanan PPC
Google AdSense adalah pilihan yang paling populer dalam kategori ini, tetapi ada juga yang lainnya. Pada dasarnya Anda hanya perlu mendaftar pada sebuah jaringan periklanan PPC dan menempelkan/paste script iklan pada blog anda. Jaringan periklanan PPC kemudian akan melayani iklan kontekstual (baik teks maupun gambar) yang relevan dengan isi blog anda, dan anda akan dibayar untuk setiap pengunjung unik yang mengklik iklan tersebut.
Daftar penyedia layanan periklanan PPC :
2. Jaringan Iklan CPM
Jaringan Iklan CPM hampir sama dengan Jaringan Iklan PPC, namun dari metode pembayaran saja yang berbeda. Jika PPC dibayar sesuai dengan jumlah klik, maka CPM dibayar sesuai dengan per 1000 penayangan.
Artinya anda akan dibayar sekitar $1 per 1000 penayangan CPM. Tingkat CPM bervariasi pada suatu jaringan, baik dihitung dari posisi iklan maupun dari formatnya. Semakin populer situs penyedia layanan CPM , semakin tinggi tingkat CPM (karena mereka memiliki akses lebih ke pengiklan). Semakin dekat Anda meletakkan iklan ke bagian atas halaman, semakin tinggi CPM. Semakin besar format (dalam hal pixel), semakin tinggi CPM.
Keterangan:
Berhati-hatilah memilih situs penyedia layanan CPM, karena kebanyakan dari mereka adalah SCAM. Namun tidak semua, karena ada juga yang terbukti membayar.
Daftar penyedia layanan CPM:

3. Iklan Banner Langsung
Jual ruang iklan Anda sendiri adalah salah satu metode monetisasi yang paling menguntungkan, karena kita dapat menentukan tarifnya sendiri. Format banner yang paling populer di blog adalah 125 × 125 button dan 300×250 rectangle.
Kelemahan dari iklan banner langsung adalah bahwa Anda harus memiliki pengunjung yang besar untuk memenuhi syarat pengiklan, dan Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk mengelola proses order, pasang banner dan pembayaran.
4. Iklan Link Teks
Setelah Google menyatakan bahwa situs yang menjual link teks tanpa tag nofollow akan dihukum, monetisasi metode ini menjadi kurang populer ketimbang metode lainnya. Namun bagi anda yang ingin mencobanya, silahkan mengunjungi beberapa situs penyedia jasa perantara penjualan link teks dibawah ini:
5. Program Afiliasi
Afiliasi adalah praktek yang sangat populer di Internet. Cara kerjanya adalah Anda sebagai reseller yang menjual langsung atau tidak langsung suatu produk dan jasa, dengan imbalan komisi. Program ini dikenal juga dengan nama CPA (cost per action) atau CPL (cost per lead).  Beberapa penyedia afiliasi populer:
6. Sponsored Reviews
Bergabunglah dengan salah satu pasar sponsored reviews, anda akan dibayar untuk setiap posting review yang diterima. Beberapa situs penyedia layanan sponsored reviews:
7. Iklan RSS Feed
Baru-baru ini layanan RSS Feed ternyata telah disulap menjadi ladang uang oleh beberapa pelaku teknologi dengan menampilkan iklan CPM pada bagian footer Feed. Silahkan mencoba metode ini:
8. Premium Konten
Kebanyakan blog biasanya memberikan konten secara gratis kepada pengunjung. Anda bisa membuat sebuah zona premium dimana setiap pengunjung yang ingin mendapatkan konten yang lebih eksklusif  harus terlebih dahulu menjadi member premium. Tentunya zona premium harus memiliki fasilitas lebih ketimbang konten gratis. Untuk biaya menjadi member premium dapat anda tentukan sendiri harganya.
9. Belajar Private via Forum
Walaupun Internet dihuni oleh banyak forum bebas dan gratis, ada juga forum yang dibuat secara private dan untuk menjadi membernya harus terlebih dahulu membayar biaya member sesuai yang ditentukan admin. Pastinya anda harus memberikan nilai nyata bagi anggota forum anda sesuai dengan uang yang mereka keluarkan untuk menjadi member forum anda (misalnya, teknik rahasia, alat, dan sebagainya).
Daftar perangkat lunak forum populer:
10. Berjualan
Anda bisa menyulap blog anda menjadi tempat berjualan layaknya pasar. Di Indonesia mengenal kaskus sebagai forum jual beli terbesar, anda bisa memanfaatkan moment ini untuk berjualan di forum sekaligus di blog anda. Disaat anda mempromosikan produk anda di thread kaskus, maka anda juga harus memposting produk yang sama di blog anda, jangan lupa saling menghubungkan link antara thread kaskus dengan halaman postingan produk anda.
11. Sewa halaman internal
Metode ini cukup sulit, tapi tidak salahnya untuk di eksploitasikan. Biasanya orang yang ingin menyewa halaman internal kita karena bukan lain hanya untuk alasan backlink dan pengunjung pasif. Syarat untuk mengikuti metode ini yakni blog kita harus ber-page rank tinggi dan memiliki pengunjung yang ramai.
12. Donasi
Menempatkan tombol atau link “Donasi” pada sebuah blog bisa menjadi cara yang efisien untuk mendapatkan uang, terutama jika blog Anda umumnya seorang pembaca yang ingin belajar dan mendapatkan manfaat dari konten Anda.
13. In Text Ads
Jaringan periklanan seperti Kontera dan Vibrant Media menempatkan link sponsor kedalam text pada postingan kita. Yang membedakan antara link normal dengan link sponsor yaitu pada underlinenya, biasanya link sponsor memiliki double underline/2 garis bawah. Anda akan dibayar jika ada yang meng-klik link sponsor dalam text postingan anda.
14. Iklan Audio/PPP (Pay Per Play)
Metode ini iklan dipelopori oleh Net Audio Ads. konsep ini cukup sederhana: memutar iklan audio (biasanya durasi 5 detik) setiap kali pengunjung masuk ke situs web Anda. Konsep ini masih sangat baru, jadi sangat rentan dengan scam. Jadi berhati-hatilah menggunakan program ini.
15. Jual beli website/blog
Ini adalah salah satu sumber penghasilan terbesar di internet. Program ini cukup sulit untuk diikuti oleh pemula, karena membutuhkan ilmu flipping yang handal. Jika anda berminat untuk mengikuti program ini, anda harus mencari guru yang berpengalaman di dunia flipping. Tempat jual beli website/blog:
16. Jual Ebook
Mungkin inilah teknik paling kuno di jagat internet, tapi siapa sangka teknik ini telah membuat beberapa blogger menjadi jutawan internet. Menjual ebook tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena selain ebook yang hendak dijual harus berkualitas, penulis ebook juga harus memiliki reputasi yang besar dibidangnya.
17. Jual Template atau Tema WordPress
Seberapa banyak orang yang menggunakan platform wordpress di dunia? mungkin lebih dari 2 juta. Nah, hal ini bisa anda manfaatkan sebagai ladang uang dari berjualan tema wordpress. Namun program ini khusus untuk para profesional yang memiliki skill dalam mendesain sebuah tema wordpress.

1 komentar:

Blogger mengatakan...

Are you looking to earn money from your visitors via popup advertisments?
If so, did you try using Ero-Advertising?